Waspada Gejala Penyakit Tifus | Media Informasi

Waspada Gejala Penyakit Tifus2 votes, 5.00 avg. rating (95% score)

Waspada Gejala Penyakit TifusPenyakit Tifus atau demam tifoid masih menjadi masalah kesehatan di negara-negara berkembang umumnya di daerah tropis dan khususnya di Indonesia, dimana angka kejadiannya meningkat pada musim kemarau panjang dan di awal musim hujan.

Waspada Gejala Penyakit Tifus

Selain memerlukan perawatan dan masa pemulihan yang cukuo lama, tidak jarang penyakit tersebut disertai dengan komplikasi dan berakhir dengan kematian.

Angka kejadian penyakit tifus di Indonesia rata-rata 900.000 kasus/tahun dengan angka kematian lebih dari 20.000 di mana 91% kasus terjadi pada usia 2-19 tahun.

Apakah Penyakit Tifus itu ?

Penyakit Tifusatau demam tifoid merupakan infeksi berat pada usus yang disebabkan oleh bakteri Salmonelle typhi. Penularannya dapat terjadi melalui kontak antar manusia atau jika makanan dan minuman yang dikonsumsi terkontaminasi dikarenakan penangannya yang tidak bersih.

Kapan Penyakit Tifus Menimbulkan Gejala?

Advertisements

Selang waktu antara infeksi dan permulaan sakit (masa inkubasi) bergantung dari banyaknya bakteri yang masuk ke tubuh. Masa inkubasi berkisar antara 8-14 hari.

Waspada Gejala Penyakit Tifus

Apa saja Gejala Penyakit Tifus ?

  • Dalam minggu pertama, keluhan dan gejala menyerupai penyakit infeksi akut pada umumnya seperti demam, sakit kepala mual, munta, nafsu makan menurun, sakit perut, diare pada anak-anak atau sulit buang air pada orang dewasa, suhu tubuh meningkat terutama sore dan malam hari.
  • Setelah minggu ke dua gejala menjadi lebih jelas, yaitu demam yang tinggi terus-menerus, nafas berbau tak sedap, kulit kering, rambut kering, bibi kering pecah-pecah, lidah ditutupi selaput putih kotor, pembesaran hati dan limpa dan timbul rasa nyeri bila diraba, perut kembung. Anak nampak sakit berat, disertai gangguan kesadaran dari yang ringan, acuh tak acuh (apatis), sampai berat (koma).
  • Penyakit tifus yang berat menyebabkan komplikasi perdarahan, kebocoran usus, infeksi selaput usus, renjatan bronkopnemonia (peradangan paru) dan kelainan otak.

Apakah yang harus dilakukan jika menemukan gejala penyakit tifus?

Jika terdapat gejala penyakit tifus segera lakukan pemeriksaan laboraturium untuk menegakkan diagnosis penyakit tifus. Keterlambatan diagnosis dapat menyebabkan komplikasi yang berakibatkan pada kematian.

Waspada Gejala Penyakit Tifus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *